Jumat, 06 November 2009

ETIKA BISNIS

Etika berarti falsafah moral dan merupakan cara hidup yang benar dilihat dari sudut budaya, susila, dan agama.

Bisnis adalah kegiatan yang dilakukan oleh orang atau sekelompok orang yang berada dalam suatu perusahaan yang bertujuan untuk mendapatkan laba.

Pengertian Etika Bisnis sendiri sangat beraneka ragam tetapi memiliki satu pengertian yang sama, yaitu ilmu yang menuntut orang untuk berperilaku moral secara kritis dan rasional dalam berbisnis.

Revolusi dalam dunia bisnis telah membuat para pelaku bisnis dibutakan oleh keuntungan semata. Mereka tidak mengindahkan kepentingan masyarakat, tidak memperhatikan sumber daya alam maupun tindakan kolusi dan suap menyuap. Mempraktikkan bisnis dengan etika berarti mempraktikkan tata cara bisnis yang benar dilihat dari sudut budaya,susila, dan agama sehingga kehidupan bisnis menyenangkan. Etika berbisnis diterapkan pada sikap kehidupan berkantor, sikap menghadapi rekan-rekan bisnis, dan sikap dimana kita tergabung dalam organisasi.

Dengan kata lain, etika bisnis itu menimbulkan rasa saling menghargai, meningkatkan kinerja pegawai, dan meningkatkan citra pribadi dan perusahaan. Berbisnis dengan Etika Bisnis adalah menerapkan aturan-aturan umum mengenai etika pada perilaku bisnis. Etika bisnis menyangkut moral, kontak sosial, hak-hak dan kewajiban, prisip-prinsip dan aturan-aturan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar